2015-12-11

Cara mengatasi nyeri haid

Cara mengatasi nyeri haid - Nyeri haid atau datang bulan memang sering muncul dirasakan oleh kebanyakan wanita yang maengalami siklus menstruasi setiap bulannya, apalagi saat haid hari pertama. Banyak hal yang bisa dilakukan wanita untuk mengatasi nyeri haid secara alami dan aman agar rasa nyeri tersebut dapat berkurang vemales. Nyeri haid ini biasanya ditandai dengan berbagai macam gejala seperti payudara nyeri dan bengkak, pusing, nyeri atau kram pada perut bagian bawah, depresi, kelelahan ataupun kembung dan semua itu dapat mengakibatkan aktifitas sehari - hari menjadi terganggu serta rasa yang tidak nyaman.

Nyeri haid ini timbul karena dinding rahim yang berkontraksi yang menyebabkan pembuluh darah terjepit dan terjadilah iskemi jaringan. Lalu untuk mengurangi rasa nyeri haid tersebut anda dapat melakukan cara berikut ini vemales.


Cara mengatasi nyeri haid

1.Kunyit asam
Jamu tradisional kunyit asam ini selain dapat mengurangi rasa nyeri haid juga dapat menyegarkan tubuh. Dengan cara parutlah ruas kunyit dan tambahkan sedikit air, peras lalu ambil sarinya kemudian tambahkan asam jawa dan gula merah lalu rebus hingga mendidih. Minumlah dalam keadaan jamu tradisional kunyit asam ini masih hangat.

2.Berbaring
Cobalah berbaring di tempat tidur atau sofa untuk mengurangi rasa nyeri, karena nyeri biasanya pada punggung maka gunakan bantal untuk menyangga lutut lalu ambil nafas panjang perlahan dan buang.

3.Kompres air hangat
Kompres ini delakukan dengan cara menempelkan botol atau kantong karet berisi air hangat pada bagian perut bawah yang kram dan nyeri, serta pijatan lembut pada daerah yang terasa nyeri. kompres air hangat ini dapat melancarkan peredaran darah dan otot - otot sekitar perut menjadi lebih rileks.

4.Konsumsi makanan sehat
Anda dapat memperbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium, kalsium, vitamin D, vitamin E dan omega 3. Serta mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein nabati.

5.Olah raga
Olah raga juga dapat meringankan nyeri haid, namun dengan olah raga ringan seperti berjalan kaki, berjalan kaki ini dapat membuat gerakan otot yang meningkatkan denyut jantung.


Itulah cara mengatasi nyeri haid yang sangat mudah dapat anda lakukan vemales, namun jika cara tersebut tidak mengurangi nyeri haid yang berlebihan maka sebaiknya konsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab nyeri dan penanganan yang tepat.

Cara mengatasi nyeri haid Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown