2015-11-22

Cara mengatasi mual saat hamil muda

Cara mengatasi mual saat hamil muda - Kehamilan memang merupakan hal yang sangat dinantikan dalam sebuah keluarga, dan saat itu tiba kita harus tau cara mengatasi mual saat hamil muda karena ibu hamil membutuhkan banyak nutrisi untuk perkembangan janin. Rasa mual atau yang biasa disebut morning sickness pada bahasa kedokteran memang selalu dirasakan wanita pada masa awal kehamilan, dan mual biasanya terjadi pada masa tiga bulan awal kehamilan. selain mengatasi rasa mual, calon ibu juga perlu mengetahui posisi tidur yang baik untuk ibu hamil agar istirahat anda menjadi nyaman.





Berikut beberapa cara mengatasi mual saat hamil muda yang dapat anda lakukan :

  • Makanlah dalam jumlah yang sedikit namun sering, dengan cara cobalah makan sewaktu anda dapat makan dengan porsi kecil tapi sering. Karena makan dalam jumlah porsi besar hanya akan membuat anda bertambah mual.

  • Konsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat dan protein agar membantu mengurangi rasa mual. Seperti buah, sayur, roti, kentang ataupun biscuit.

  • Hindari makanan berlemak, berminyak dan pedas karena dapat menambah rasa mual.

  • Minumlah yang cukup untuk menghindarkan anda dari kurang cairan atau dehidrasi akibat muntah. Hindari minuman yang mengandung kafein atau karbonat, minumlah air putih atau juice.

  • Saat bangun tidur jangan langsung terburu - buru bangu, Cobalah duduk sejenak dan baru perlahan berdiri bangun. namun jika anda merasa mual saat bangun tidur, anda dapat menyiapkan biscuit didekat tempat tidur dan makanlah dahulu sebelum anda mencoba untuk berdiri.

  • Konsumsilah jahe segar atau permen jahe untuk membantu mengatasi rasa mual, penelitian di Australia menyatakan bahwa jahe dapat mengurangi rasa mual dan aman untuk ibu dan bayi.

  • Beristirahat dan berusaha relax dapat membantu anda mengatasi mual muntah, karena jika anda stress hanya akan menambah rasa mual anda. Dengan cara cobalah beristirahat  yang cukup dan santai, membaca buku atau majalah, mendengarkan musik dan lain - lain.

Itulah beberapa cara mengatasi mual saat hamil muda yang dapat kami berikan untuk sahabat vemales, namun hubungi dokter jika anda mengalami mual muntah yang sangat hebat sehingga tidak dapat makan atau minum apapun dan menyebabkan kurang cairan. 

Cara mengatasi mual saat hamil muda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown