2015-11-24

Cara mengatur keuangan rumah tangga

Cara mengatur keuangan rumah tangga - Mengatur keuangan rumah tangga memang harus diperhatikan karena seberapa besar penghasilan anda jika tidak dapat mengelola hanya akan mengakibatkan kekurangan uang di akhir bulan. Memasuki dunia pernikahan memang banyak hal yang dipikirkan dengan matang dalam mengatur keuangan keluarga, karena kita tidak bisa menggunakan uang seperti saat masih lajang. Terutama hal ini sering dialami oleh keluarga muda dalam tahun - tahun pertama menjalani kehidupan berumahtangga, apalagi jika telah hadir si kecil di tengah sahabat vemales dan pasangan.






Besarnya penghasilan sebenarnya tidak mempengaruhi kita dalam menghindari kekurangan uang, namun seberapa pandai kita mengaturnya. Mengatur keuangan tidaklah sulit sahabat vemales, berikut beberapa kunci cara mengatur keungan rumah tangga yang baik :

1. Melihat penghasilan utama
Pertama kita harus mengetahui berapa jumlah uang yang kita miliki, penghasilan dalam sebulan dan seberapa besar dana untuk keluarga. karena pengeluaran dalam sebulan tidak sama, maka ambil rata - ratanya lalu kita dapat membagi sesuai kebutuhan.

2. Perencanaan keuangan
Rencanakan keuangan yang akan kita gunakan maupun yang akan kita simpan dan buatlah rencana keuangan yang realistis jangan melupakan kebutuhan diri sendiri karena bersenang - senang merupakan sebagian dana rencana keuangan bagi kita setelah bekerja keras.

3. Bedakan keinginan dan kebutuhan
Buatlah daftar antara kebutuhan dan keinginan agar kita tidak mengeluarkan uang untuk hal yang tidak penting, lalu berilah tanda setiap kita memenuhi salah satunya dan yang paling penting utamakan memenuhi kebutuhan.

4. Hindari hutang
Hindari penggunaan kartu kredit yang berlebihan karena proses pembayaran kartu kredit membuat kita lupa diri dam menjadi sangat konsumtif sehingga akan memperburuk keuangan.

5. Tetapkan target
Susunlah target keuangan yang ingin kita capai secara berkala bersama pasangan, misalnya dengan menetapkan bahwa 5 tahun kemudian harus memiliki tabungan 50 juta. Dengan target tersebut kita akan lebih fokus dan dapat mengurangi pemborosan.

6. Menabung
Sebaiknya kita memiliki rekening terpisah untuk tabungan dan kebutuhan sehari - hari

7. Investasi
Pikirkan bagaimana kehidupan yang lebih baik untuk masa depan. banyak cara untuk berinvestasi seperti saham, membeli emas dan properti agar dapat menguntungkan keuangan dalam jangka panjang.


Itulah cara mengatur keuangan rumah tangga yang dapat anda ketahui bagi pasangan rumah tangga maupun anda yang akan mempersiapkan memasuki dunia pernikahan, cara memilih cincin yang sesuai dengan warna kulit juga sangat penting bagi anda yang akan mempersiapkan pernikahan.

Cara mengatur keuangan rumah tangga Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown