2015-12-06

Cara mengatasi anak susah makan

Cara mengatasi anak susah makan - Anak anda mengalami susah makan? ada beberapa cara mengatasi anak yang susah makan nasi yang dapat bunda lakukan. Sulit makan pada anak memang menyebabkan kekhawatiran pada ibu akan kecukupan gizi sang buah hati. Saatnya memberikan makanan padat pendamping asi ketika anak berusia 6 bulan, saat inilah para sahabat vemales harus memperhatikan pola makan mulai dari bubur susu, sari buah, dan bertahap pada makanan yang lebih padat seperti nasi tim. Namun sering terjadi penyebab yang membuat anak sulit makan yang biasanya terjadi seperti penolakan makan, hanya mengemut makanan saja atau bisa juga cuma suka makanan itu - itu saja.




Kondisi susah makan pada si kecil ini memang selalu membuat khawatir para ibu karena mengingat anak dalam masa pertumbuhan yang harus memenuhi akan kebutuhan gizi, kadang pemberian suplemen penambah nafsu makan tidak membuat anak anda menjadi lahap. Lalu bagaimana yang harus dilakukan? Nah berikut beberapa tips cara mengatasi anak susah makan yang dapat membantu anda vemales :

1. Sajikan makanan dalam porsi kecil
Karena lambung si kecil belum mampu makanan dalam jumlah besar maka berikan makan dalam porsi sedikit demi sedikit.

2. Variasi makanan
Cobalah memberikan beberapa pilihan menu makan dan biarlah anak anda memilih makanan yang dia sukai, karena biasanya anak - anak suka dengan makanan yang dipilihnya.

3. Jadikan saat makan yang menyenangkan
Buatlah makan merupakan hal yang menyenangkan bagi anak agar tidak menyebabkan trauma psikologis. Jangan mengancam ataupun menakut - nakuti.

4. Sajikan makanan dengan menarik
Sajikan makanan dengan bentuk yang unik, misalnya cetak nasi goreng dalam cetakan berbentuk binatang lucu atau boneka.

5. Makan yang teratur
Cobalah membiasakan anak anda dengan makan yang teratur agar si kecil terbiasa dengan waktu makannya.

6. Cemilan sehat
Berikan cemilan sehat apalagi saat memasuki usia 2 tahun dalam porsi kecil namun beragam. seperti sus isi fla, donat kentang, gading cincang dan sebagainya.

7. Hindari iming - iming makanan penutup sebagai hadiah
memberikan iming - iming makanan penutup sebagai hadiah hanya akan menimbulkan pemikiran pada anak bahwa makanan penutup merupakan makanan yang paling enak sehingga dapat membuat anak anda memiliki keinginan untuk mengkonsumsi makanan manis. Anda dapat memberikan buah, yogurt atau makanan lain yang dapat mengganti makanan penutup.

8. Batasi minum disela makan
Minuman seperti jus buah segar memang sangat penting untuk anak namun bila terlalu banyak minum akan membuat tempat tidak cukup untuk makanan sehat yang harus masuk keperut si buah hati.


Nah semoga anak anda bisa sedikit demi sedikit bisa makan lahap dengan beberapa tips cara mengatasi anak susah makan diatas, karena dengan makan yang teratur sangat membantu tumbuh kembang sang buah hati.

Cara mengatasi anak susah makan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown